Setting Dial-up via ponsel GSM dan CDMA di Linux, Internetan mudah, praktis, aman, dan efisien dengan HP di Linux Operating System.

Dial up CDMA (op: Starone, Flexi. Fren, whatever lah…)

Dial up GSM/GPRS/3G/HSDPA (op: Simpati, AS, IM3, Hallo, XL, de el el..)

Pertama, siapin HP dan konektornya/kabel ke komputer seperti kabel untuk nokia DKU-2, DKU5, dll. Trus colokin deh ke masing2 tempatnya.

Nah, sekarang instalasi hardware alias setting modem hp-nya di linux os. Sebenarnya Linux dengan kernel terbaru udah banyak masukin detail driver kebanyakan ponsel, dan linux pun sudah auto-detect hardware sendiri. Disini penulis praktekin dengan menggunakan komputer pentium4 2,0ghz, mem 256, OS Linux FedoraCore6 kernel 2.6.18-1.2798.fc6, desktop Manager KDE 3.5.4-10.fc6 dengan ponsel Nokia 6235 CDMA, kabel data DKU-2 (USB), dan ponsel Nokia 6260 dengan kabel data DKU-2 (USB)

Kalo udah di colokin kabelnya nah sekarang kita liat driver yang muncul ato di port mana ponsel kita terhubung dengan menggunakan perintah dmesg di konsole atau perintah dmesg dapat difilter dan diambil string usb nya saja dengan dmesg | grep usb atau juga pada Linux Ubuntu dengan perintah lsusb.

Atau lebih jelasnya kita liat di kinfocenter pada desktop Kmenu | System | KinfoCenter pada tab usb device atau juga di menu Hardware, banyak lah untuk mencari tau pada sistem Linux, tergantung pada base system yang digunakan.

Kalau modem ponsel telah terkoneksi, maka kita dapat setting Dial-up nya dengan program kppp yang terdapat di desktop Kmenu | Internet | KPPP .yang pertama diminta adalah kita memasukkan password super user / root . Kemudian pada kppp harus kita setting terlebih dahulu untuk dialupnya.

Klik tombol configure, kemudian pada tab Modems pilih New, pada tab device ketik modem name ¨CDMA¨ Modem device sesuai yang telah kita pantau hardware phone modem di atas, penulis menggunakan

modem device : /dev/ttyACM0

Flow Control : Hardware [CRTSCTS]

Line Termination : CR/LF

Speed Connection: 115200 (sesuai dengan bitrate operator selularnya)

Untuk settingan tab Modem klik modem commands kita dapat menambahkan perintah-perintah komunikasi antara komputer dengan modem. Khusus untuk ponsel CDMA kita harus menambahkan command at+crm=1 pada Initialization String 2 ,

dan untuk GSM/GPRS modem khususnya untuk indosat IM3 command Initialization String 2 adalah

at+cgdcont=1,”IP”,””satelindogprs.com”

untuk command yang lainnya biarkan default saja. Klik OK. Jika kita ingin melihat lebih jelas spesifikasi modem kita dapat klik Query Modem. Dan pada Terminal, kita dapat menjalankan modem secara konsole atau manual. Klik OK.

Setting modem telah selesai, kemudian kita setting Account pada tab Account. Klik New, membuat account baru, kemudian klik Manual Setup. Pada tab Dial:

Buat nama koneksi pada Connection Name, pada phone number, klik add untuk menambahkan nomor dial (ada dibawah ini dialup numbernya, dan biarkan settingan lainnya secara default.. klik OK setting telah selesai. KPPP siap menjalankan tugas sebagai dial-up Internet. Pilih connect to dan use modem. Untuk Login ID dan Password :

CDMA Operator

Dial-Up Number : #777

Indosat starone:

Login ID : starone

Password: indosat

TelkomFlexi:

Login ID : telkomnet@flexi

Password : telkom

GSM/GPRS/3G/HSDPA Operator:

Dial-Up Number : *99***1#

Indosat IM3:

Login ID : gprs

Password: im3

Telkomsel

Login ID : wap

Password: wap123

setelah memasukkan Login ID dan Password, klik Connect untuk memulai koneksi. Dan kita siap bertempur di dunia Internet via Dial-Up.

Sukses ya kawan kawan, semoga tulisan ini berguna untuk kita semua. Mohon petunjuk dari master2 linux please tambahin tulisan ini ya, karena masih banyak kurangnya dan bila ada kesalahan saya mohon maaf atau ada kritik dan saran please let me know yah… Terima kasih…

Sumber: – Hasil ngoprek mas ronal, bowo, ikhfan n arier Di rumah bowo tgl 16 Agustus 2007

– Oom Google

Triance

Iklan