Bagi sebagian pengguna baru Ubuntu Karmic akan sedikit kebingungan ketika sudah berurusan dengan grub Ubuntu Karmic. Perubahan terhadap grub loader di Ubuntu Karmic sedikit membingungkan bagi pengguna yang baru beralih dari Ubuntu sebelumnya ke Ubuntu 9.10. Hal ini dikarenakan pada Ubuntu Karmic grubnya telah digantikan menjadi grub 2. Untuk informasi lebih lanjut mengenai grub 2 silahkan merujuk kesini https://wiki.ubuntu.com/Grub2.
Dengan digantikannya grub 1.5 menjadi grub 2, sangat merepotkan bagi saya ketika mencoba membantu seorang teman yang ingin mengembalikan menu grub Ubuntu 9.10nya akibat terhapus oleh sistem operasi Windows. Tidak seperti biasa sewaktu menggunakan Ubuntu versi sebelumnya jauh lebih mudah ketika mengembalikan menu grub. Setelah bertanya kepada paman Google akhirnya saya mendapatkan beberapa solusinya. Memang sangat beresiko ketika harus menggunakan dual boot Ubuntu dan Windows. Bagi Anda yang pernah mengalami masalah kehilangan menu grub Ubuntu Karmic berikut beberapa langkah untuk mengembalikan menu grub:

Pertama-tama jalankan komputer dengan menggunaka live CD Ubuntu Karmic, kemudian buka Applications > Accessories > Terminal.

Selanjutnya ketik perintah dibawah ini pada terminal :

ubuntu@ubuntu:~$ sudo fdisk -l

Dari hasil fdisk -l dapat Anda lihat posisi atau letak partisi Linux Ubuntu berada. Anda juga dapat melihatnya lebih jelas dengan menggunakan Gparted, Buka System > Administration > Gparted.

Selanjutnya ketikan perintah :

ubuntu@ubuntu:~$ sudo chroot /mnt/ /bin/bash
root@ubuntu:/# grub-install /dev/sda
root@ubuntu:/# grub-install /dev/sda7

Restart Ubuntu Anda, grub akan kembali seperti semula. Selanjutnya masuk ke Ubuntu Anda dan update grub melalui terminal dengan mengetikan perintah berikut :

$ sudo apt-get install grub-pc

Jika belum berhasil juga masuk ke sistem operasi Windowsnya, silahkan login ke Ubuntu selanjutnya pada terminal ketikan perintah berikut :

$ sudo upgrade-from-grub-legacy

Sekarang Windows dan Ubuntu dapat kembali dual boot, Andapun tidak perlu menginstall ulang Ubuntu.

Selamat mencoba 🙂

Catatan :
Tutorial ini dicoba menggunakan dual boot antara Windows 7 dan Ubuntu 9.10.

Iklan